Misc

Fatwa MUI Kopi Luwak itu Halal

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah membahas fatwa mengenai kopi luwak. Hasilnya, biji kopi yang keluar bersama kotoran hewan luwak itu halal. Di situs mikroblogging twitter sempat beredar fatwa MUI bahwa kopi luwak haram. MUI menyangkal kabar itu.

Tak banyak pecinta kopi yang mengetahui dari mana kopi ini berasal dan bagaimana proses kopi yang konon paling mahal ini sampai digenggaman Anda. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, Kopi Luwak adalah jenis kopi yang diproses dengan fermentasi secara alami dalam pencernaan hewan yang namanya luwak. Luwak merupakan binatang yang sejenis dengan musang, tetapi Luwak biasanya tinggal di pepohonan.

Luwak yang berusia 8-10 tahun biasanya mencari makanan dengan mulut moncong berwarna putih atau abu-abu di malam hari. Setelah memakan biji kopi tersebut, maka secara otomatis biji kopi diolah dalam perut luwak kurang lebih 12 jam. Biji kopi yang dimakan luwak akan bercampur enzim yang ada dalam usus luwak. Karena biji kopi itu sangat keras maka biji kopi yang telah di makan luwak akan dikeluarkan lagi.

Meskipun terdengar kotor dan jorok, justru itu yang menjadi keunikan aroma dan rawa kopi luwak serta dihargai sangat mahal. Bahkan di Amerika Serikat terdapat kafe atau kedai yang menjual kopi luwak atau civet coffe dengan harga yang cukup mahal. Harga secangkir kopi luwak di Amerika berkisar US 100-200 dolar atau sekira Rp1-2 juta. Harga kopi luwak ini semakin melambung tinggi karena di pasaran internasional hanya beredar sekira 500 kilogram saja.

Di Indonesia harga kopi luwak bervariatif. Untuk harga Raw atau kotoran mentahnya dihargai Rp350 ribu per kilogram, Green Bean atau biji kopi yang sudah diolah sampai tahap siap dan pembeli tinggal meracik sendiri sesuai dengan selera dihargai Rp700 ribu per kilogram dan bubuk kopi luwak atau kopi yang sudah siap dinikmati dihargai Rp900 ribu per kilogram. Wow mahal bukan!

Bubuk kopi luwak ini juga tidak sembarangan dilempar ke pasar. Bubuk kopi ini harus melewati uji cita rasa untuk membuktikan kualitas sesuai dengan reputasinya. Pengujian yang disebut cup test ini hanya bisa dilakukan tenaga ahli yang telah memiliki sertifikasi dari badan penelitian kopi berstandar internasional.

Via Okezone.com

One thought on “Fatwa MUI Kopi Luwak itu Halal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s